Recent Comments
    Categories
    November 2016
    M T W T F S S
    « Aug    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  

    Tarakan Kota Paguntaka

    Kota Tarakan adalah kota terbesar di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terkaya ke-17 di Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 250,80 kmĀ² dan sesuai dengan data Badan Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Kota Tarakan berpenduduperematan-trkk sebanyak 239.787 jiwa. Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau kecil. Semboyan dari kota Tarakan adalah Tarakan Kota “BAIS” (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).
    sumber

    Budaya Kota Tarakan
    Di Kota Tarakan, Kalimantan Utara ada budaya sebagai daya tarik wisatawan juga di kota tersebut yang bernama Pesta Rakyat Iraw Tengkayu, acara ini adalah sebuah peristiwa yang bersejarah bagi masyarakat dan penduduk bumi paguntaka dan acara ini biasaupacara diperingati setiap 1 tahun sekali.
    Acara rutin ini adalah salah satu cara untuk menarik wisatawan untuk hadir ke bumi paguntaka ini selain ,puncak dari acara budaya ini adalah melepaskan kapal yang di hias ke laut lepas dan acara budaya ini di tutup dengan tarian tradisional suku tidung yang di tampilkan secara masal dalam proses penampilan penari tradisional tersebut tidak sedikit dari para penari itu mengalami kesurupan .
    Acara rutin ini telah mendapatkan respon dari pemerintah daerah dengan ditetapkan perayaannya dilaksanakan 1 (satu) tahun sekali ini digabungkan bersamaan dengan peringatan hari jadi Kota Tarakan (Borneo) kalimantan utara. Secara nasional tradisi Iraw Tengkayu juga telah tercatat sebagai calender of event pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

    Makanan Khas Kota Tarakan

    Kepiting asoka merupakan makanan khas kota Tarakan. Kepiting asoka ini memiliki tekstur tubuh yang lain dari kepiting kebanyakan. Kepiting ini sangat lembut dan lembek. Jadi seluruh tubuh kepiting ini bisa asokadi kkkonsumsi tanpa harus membuang kaki dan capitnya. Biasanya, kepiting asoka sering di masak tumis saos sehingga lebih gurih dan nikmat untuk di konsumsi.
    sumber

    Tarakan juga punya makanan khas lainnya yaitu Kapah. Kapah juga merupakan makanan laut khas Kota Tarakan. Kapah adalah sejenis kerang yang ada di pesisir pantai Kota Tarakan. Jika mengunjungi Pantai Amal, Kapah akan menjadi menu utama dan makanan favorit pengunjungnya. Kapah disajikan dengan cara direbus, yang menjadi ciri khas adalah sambalnya. Hampir seluruh rumah makan di sana akan menyediakan Kapah, baik yang mentah untuk di bawa pulang dan yang telah matang yang bisa langsung dinikmati sambil mengagumi indahnya panorama Pantai Amal. Di Tarakan juga terkenal dengan buah terap yang bisa anda nikmati sebagai makanan penutup. Buah terap ini juga dapat dibuat berbagai macam olahan makanan yang lezat.
    sumber

    Khas Kota Tarakan
    Mungkin ada sebagian orang yang tidak mengetahui bahwa maskot Dufan-Ancol adalah hewan bernama bekantan, monyet berhidung panjang yang hidup di mangrupbelantara Kalimantan. Jika selama ini hanya melihat Bekantan sebagai maskotnya Dufan-Ancol, sungguhlah beruntung dapat melihat langsung bekantan di habitatnya. Kita tidak perlu menemui bekantan di belantara hutan Kalimantan, namun cukup berkunjung ke Kota Tarakan. Lebih tepatnya, di Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan (KKMB) Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Kota Tarakan merupakan sebuah pulau kecil di Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki potensi wisata konservasi mangrove seluas 8,8 ha yang dipadukan dengan pengembangan satwa bekantan. Bekantan selain dikenal sebagai maskot Ancol, juga merupakan ikon pariwisata Kota Tarakan, sebuah kota yang memiliki visi menjadikan Tarakan sebagai Little Singapore.

    sumber

    Leave a Reply